Senin, 14 November 2011

Lexapro dan Citalopram

dari sini, baca yang lengkapnya disitu

http://www.jimplagakis.com/?p=4830

Ini kasus di AS,

Ini kasus penukaran obat anti depresan, Lexapro, suatu obat paten yang jauh lebih mahal dan "diciptakan" dengan mengubah sedikit dari obat sebelumnya (celexa, yang isinya juga Citalopram) dijual dengan harga yang lebih tinggi dan marketing yang "ga bener"

Marketing yang "ga bener" ini udah sampai senat, yang ngeluarin dokumen berhalaman 88 yang menjelaskan soal marketing yang ga bener ini. judulnya Lexapro Fiscal 2004 Marketing Plan,

Oleh perusahaannya, Forest serta konsultannya, Lexapro dianggap sebagaio obat yang superior, namun kliam ini tak dibuktikan secara statistik, dan FDA juga tidak mengharuskannya, karena menganggap Celexa dan Lexapro sama.

Banyak dokter menganggap Lexapro lebih baik, tapi tunggu dulu, banyak kritik yang mengaggap mereka bilang begitu karena dibayar oleh industri. sampai2 di link yang opik kasih, si med rep datang ke farmasisnya karena merasa dirugikan sebab farmasisnya menganjurkan pasiennya nuker obat ke citalopram yang jauh, jauuuh lebih murah, sehingga dokter terpaksa menurut.

Berapa uang yang dihabiskan untuk marketing ini? 34 juta dolar ke 2000 dokter.

dan tak sampai disitu, bahkan ada tuntutan hukum pada industri Forest tersebut karena menganggap industri melakukan marketing ilegal pada dokter agar obat tersebut dan celexa diberikan pada anak-anak.

Dan amrketingnya gila2an, pemberian uang pada dokter oleh Forest pada tahun 2008 hanya bisa dilampaui oleh Eli Lilly, Pfizer, Novartis dan Merck — perusahaan yang penjualan tahunannya 5-10x dari Forest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar