Rabu, 13 April 2011

Ada apa dengan bahan alam?

ini akan singkat-singkat saja. Ini cuma sekedar berbagi soal herbal yang opik dapetin selama ini.

bahan herbal itu memusingkan karena ada banyak zat yang terkandung di dalamnya jadi sifat keselutuhan dari bahan alam tersebut kadang-kadang (eh, sering malah) ga tergambarkan dari zat yang dianggap bertanggung jawab terhadap aktivitas.

Misalnya saja zat-zat anti oksidan dalam kurkuma, kan ada kurkumin, xantarizol, dll. Mereka kan ada sifat antioksidan dan sangat mudah teroksidasi, tapi klo mereka bersama-sama, mereka saling menguatkan dan menjadi ga mudah teroksidasi.

contoh lain adalah genistein di kedelai.Ini dapat dari Kedelai klo kita makan secara langsung, ga akan mempengaruhi enzim di hati, tapi klo kita makan zat hasil isolasinya, genistein, enzim hati bakal terpengaruh. bikin pusing kan?

Kemudian contoh yang terakhir, efek bahan herbal akan meningkat sejalan dengan penambahan konsumsinya, tapi di titik tertentu dia akan menurun. sampai sekarang opik belum tahu apa sebabnya, belum dikasih jawaban ama dosen. opik nebak2 itu karena absorpsi berkurang atau tubuh ga kuat nampung lagi sehingga dieliminasi lebih cepat ketika di salurn cerna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar