Kamis, 06 Oktober 2011

Apa sih yang dimaksud dengan Homeopathy?

Ini opik dapetin dari situs ini:
http://www.sciencebasedmedicine.org

jadi mohon koreksi klo salah karena ini baru opik reka ulang dari satu sumber saja.

Ada kesalahpahaman yang sangat besar menganai Homeopathy. Homeopathy yang sering "diserang" dan dimaksud oleh mereka yang menulis di situs tersebut bukanlah pengobatan alternatif, herbal, atau menggunakan bahan2 alami sebagai yang selama ini masyarakat awam pahami.

Tapi, Homeopathy yang dimaksud adalah pengenceran "bahan aktif" yang diklaim ada dalam ramuan hingga konsentrasi yang sangat encer. Air atau bahan pengisi, (misalnya bubuk laktosa) akan meningat dan mengambil ingatan/resonansi/vibrasi ajaib dari bahan aktif tersbut, sehingga bisa menyembuhkan.

membingungkan, nih contohnya, produk dari Boiron, dari prancis, salah satu perusahaan homeopathy terbesar didunia

salah satu produknya, Oscillococcinum, mengandung Anas barbariae hepatis et cordis extractum 200CK HPUS. Ini berarti Anas barbariae hepatis et cordis extractum aka ekstrak hati bebek, diencerkan 1/100-nya, dan pengencerannya dilakukan 200x, jadi hasilnya...(0,01)^200 = ...hitung aja sendiri.

dan inilah yang dianggap tidak masuk akal...dalam keadaan yang begitu encer, bahkan keberadaan ekstrak hati bebek itu juga diragukan.

jadi sekali lagi, berhati-hatilah dengan homeopathy ini. mengencerkan suatu bahan hingga sebegitu encernya bagi opik adalah suatu penipuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar