Minggu, 02 Oktober 2011

Ujian Apoteker Part 4

Setelah semua persiapan selesai, eh persiapan bersama selesai, kini tinggal menunggu Hari H. eh ternyata persiapan pribadi, seperti jaslab, jurnal pribadi, kemasan dll baru nyadar di hari2 terakhir persiapan. Walah kacaulah jadinya

Jurnal pribadi dan kemasan brosur dan tetek bengek itu bisa diberesin, toh bisa minta bantuan teman2 selab steril (kita sama-sama dalam satu perahu/kapal kan?), tapi soal jas lab yang biasa ini baru jadi maslah. Pertama-tama opik ke adik yang pertama, si Nasrul, yang meminjam jas lab yang biasa sejak pertama kali masuk ITB, tapi pas ditanyain kemana jaslab itu, blang nggak tahu dan dia udah lama ga pakai...APAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA?!!! masa ga ada sih???? ya udah akhirnya karena didesak2 dia ga mau juga, opik cari pinjeman, eh dapat dari si Defri fa08, trus nemu jas lab yang digeletakkin di rak himpunan, ya udah pinjem dulu, nanti balikin pas ujian dah beres. Ternyata hal yang harusnya bikin kacau bisa beres dalam seketika... itulah namanya pertolongan Allah.

malam sebelum Hari H1, terus baca-baca jurnal pribadi dan ngebetulin klo ada kesalahan, terus baca2 juknis. Ini biar ketika berada di sana sudah tahu apa yang harus dilakukan, ga perlu lagi liat lemabaran lagi. malam itu benar2 ga bisa tidur dengan nyaman, meski opik akui jauh lebih nyaman dibandingkan dengan sebelum ujian pustaka.

Hari H datang, opik bersiap-siap dan lalu ke kampus setelah memastikan persiapan perangnya lengkap. Dan sesuai dugaan, kebanyakan Genk steril sudah datang pagi-pagi dan mulailah kita bahas apa saja yang bakal dilakukan dan apa yang mungkin terjadi, nah, tapi ada yang belum datang hingga batas waktu, yaitu fangfang, dia baru datang ketika semuanya sudah hampir masuk lab.

Nah, salah satu persoalan yang opik ga bisa pecahkan selama ujian ini adalah, meskipun sudah kebelakang sebelum masuk lab, tetap saja beberapa saat kemudian ingin kebelakang lagi, padahal baru sebentar. dan ini terulang lagi, untungnya kali ini boleh, soalnya ga ada larangan ga boleh ke belakang selama ujian praktek.

Nah, ternyata didalam, ga berjalan sesuai rencana, pengarahan dari pak Sukma agak lama. nah, begitu selesai, kita langsung tulis bagian sterilisasi agar bisa segera kerja. Ternyata nulisnya juga agak lama, dan ketika sterilisasi, meski udah cepat-cepat, tetap aja waktu sterilisasinya panjang, wah, udah kebayang stres dan paniknya waktu itu, udah bahas2 segala kemungkinan, tapi akhirnya tetap saja pada rencana semula, meski ada resiko diundur.

Yang bikin Genk steril merasa agak bersalah, adalah karena ikut menggunakan autoklaf mikro dan ga bisa selesai cepat. Maaf ya Jojo, wiput, Ayya, dan...aduh dupa euy, udah menghambat kalian, mohon maaf yang sebesar-besarnya,

Bisa dibilang rencana hari pertama jadi kacau, semua terhambat, tim semsol bahkan belum sterilisasi. dan tim larutan kebanyakan belum selesai bikin ruahan, opik sendiri bahkan baru bikin pengadjust pH, sama sekali belum buat sediaan. Kita-kita malah sibuk dnegan tawal-takhir dan ttd ini itu.

Tapi ada satu hikmah dari H1, kita udah selsai persiapan alat dan bahan, dan media pun udah beres. Pokoknya seluruh kebutuhan bersama udah beres hari itu, tinggal cairan digesti peptik yang emang udah direncanain hari kedua. Memang sih kitanya pada agak ketar ketir ngedengar cerita teh Adah yang bilang pas ujian kemarin dia H1 udah selesai bikin ruahan sediaan.

H2, bawa printer dll buat persiapan H3, sekalian udah bikin janji n ngautin hati bahwa hari ini, siang udah beres bikin sediaan, soalnya perlu uji sterilitas yang 1 hari itu. yah, meski tawal-takhir ga seribet sebelumnya, sekarang mah konsen ke sediaan dan uji sterilitas. Pokoknya cepat2 ngerjain dah.

Alhamdulillah, hampir semuanya jadi dah, tapi kasihan si Achi, yang tba2 botol fasa airnya pecah (lebih tepatnya, bagian bawahnya kepotong entah kenapa), dan harus mengulang, untungnya dia bisa cepat. Yang paling berkesan di H2 adalah tatapan Bu Marlia. Susana lab mikro udah ga enak gitu. Klo ga salah, waktu itu opik liayt aya lagi nangis, (hah ada apa), terus opik sedang mau bikin cairan digestik peptik, waduh, udah natapnya kaya nusuk, klo salah sedikit juga dikomentarin dan "diancam" kaya pas nimbang terus tumpah dikit (wah, ibunya udah ngomong nilai bakal dikurangin gimana), cuma ya, tenang aja dan tetap terusin kerjaan, klo mikirin yang salah2 malah kaga beres-beres nanti.

Yang lucu lagi pas uji sterilitas, banyak yang jatuh membran filternya, tapi yang ketauan cuma fangfang, dan itu disuruh ditulis di jurnalnya ama bu Marlia. dan abis uji sterilitas itu, udah plong deh hati, kaya ada beban yang lepas.

H3, udah leyeh2 kita, tinggal bikin kemasan dan evaluasi aja yang ringan2, hampir ga ada masalah. yang jadi masalah cuma pembahasan, ketika sesaat opik nengok yang sari dan adah yang pembahsannya udah b9ikin dari tadi malam dan panjang serta canggih banget, belum lagi daftar pustakanya, itu asa bikin kami2 jadi rendah diri.

Ohya, sekedar tahu saja, ternyata banyak waktu di H3 itu habis buat gunting2 n nulis pembahasan, evaluasi dan nulis bagian jurnal yang lain malah cepat. memang sih opik bermasalah dengan kemasan dll, tapi dengan sedikit mengakali akhirnya selesai, meski hasilnya jelek, yang penting jadi dan menuhin syarat!!!

dan hari pengumuman pun tiba. dan ternyata opik lulus, selai itu, semua genk steril juga lulus, ga sia-sia perjuangan kita selama ini. tapi ada 1 orang yang ga lulus pas praktek ini, yaitu Salman. Ada juga kejadian si Ade pingsan pas pengumuman ditempel, entah kenapa.

Kini, melangkah untuk tujuan berikutnya. habis apoteker mau S2 nih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar