Selasa, 10 Januari 2012

Ikut KKN part 1

Ini cerita pas nganterin bibi yang dosen Unpad monitoring KKN ke subang kemarin, Sambil liat2 sih

j8.15 berangkat dari pool gunung sembung setelah bi Ade datang. awalnya ke unpad, tapi ketemu pak yuyun di jalan, jadi bisa nitip nilai. Trus makan bubur deket unpad dulu. ABis itu baru bernagkat lagi

Kali ini nempuh jalan2 khas sumedang yang naik turun, berkelok-kelok n ramai. agak kesel n was2 klo yang didepan adalah truk. Pingin nyusul susan dan rawan ketabrak. Belum lg oper gigi mulu.

Dari jalan raya itu masuk ke jalan rancakalong, nah ini jalannya enak, Mulus, diaspal semua. no beton, pemandangannya juga indah euy, hijau dan banayk sawah. Dis epanjang jalan juga bisa liat pohon Albasia n suren (dan tempat penggergajian kayu, mungkin karena itu banyak truk atau mobil bak penuh batang pohon suka lewat).

Tapi di sepanjang jalan ini dan yang ke subang, ada 4 jalan yang bercabang 2, ada dua yang bercabang 2 di jembatan, 1 di kelokan, dan 1 lagi di tengah jalan, Mungkin maksudnya biar ga celaka kali ya?

Jalan ini cukup lengang, tapi awas klo ada truk, bis dan kendaraan lain dari arah berelawanan, soalnya jalannya sempt n kurang lebar.mana pada kencang2 lagi.

Setelah ketemu pertigaan yang bilang percabangan subang, bandung, sumedang, kami pilih jalan ke atas ke subang.Jalannya mulai agak jelek dan penuh tambalan. Tapi tetap aja jalannya lebih bagus dari kebanyakan jalan di bandung. apalagi setelah agak jauh jalannya mulus lagi. Ketika mulai masuk ke jalan menuju desa, barulah jalannya jadi delek ala jalan bandung

Ada dua desa yang dituju, rancamangun dan sindanglaya. Karena leboih jauh, ke soindanglaya lebih dulu. disini jalannya jadi jauh lebih jelek setelah di tengah2 sempat agak mulus meski ada yang bolong2. Disana akhirnya sampai di rumah tinggal, jam 11 kurang.

Disini, kami istirahat dan diadakan sharing mahasiswa KKN tentang apa aja selama seminggu ini, berkisar ttg apa yang dipelajari, apa yang didapat secara pribadi, n apa kontribusi dia bagi tim. krn judul minggu pertama KKN adalah pemetaan, jadi yang dilakuin baru kaling mengenal desa n warga serta survei apa yang jadi potensi n masalah desa.

Rata2 mereka bilang sempat ada masalah dengan kades dan warga karena mereka belum dititipkan, tapi setelah pendekatan2, mulai bisa akrab. mereka juga banyak yag mengaku agak kesulitan dengan kondisi di desa dimana makanan dll rata2 susah didapat n belum terbiasa dengan sistem sosial desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar