Senin, 23 Mei 2011

cefixime vs amoxicillin


by Sjaikhurrizal El Muttaqien on Saturday, May 21, 2011 at 1:10pm
(Ini notes FB kakak kelas di S1 Farmasi dulu, menggambarkan praktik kesehatan yang buruk saat ini...jangan bingung ama judulnya ya...)


Gw bingung mau gw kasih judul apa ini notes, tp drpada bingung mikirin judul, tp isinya kaga jadi2, mending gw kasih judul cefixime vs amoxicillin . Yup, keduanya jenis antibiotic, notes ini pun ga jauh dr dunia farmasi a.k.a obat-obatan. Setelah bingung ngasih judul, ternyata ningung juga mau dimulai darimana ceritanya..hehehe

Gw ga ngerti tentang dunia farmasi-klinis-praktis maupun industrinya saat ini, karena selain kaga nerusin ke program profesi apoteker, gw juga ga pernah tau selak beluk dunia farmasi, baik industri maupun klinis. Y ang gw tau cuman farmasi yang ada di jurnal penelitian :)

Apa yang gw tulis disini cuma sebatas curhatan apa yg gw alami , tanpa maksud menyinggung pihak manapun, dang w pun mencoba menulis dengan sehati-hati mungkin (rada parno dengan kasus Prita) hehheee. Tujuannya, selain cuma curhat n berbagi, siapa tau dari kawan-kawan sejawat di sini atau siapapun bisa turut mengurangi permasalahan ini.

Alhamdulillah, gw termasuk tipe orang yg jarang ke rumah sakit , (bahkan gw lupa, kapan terakhir kali gw dirawat inap) bukannya krn jarang sakit, tp emang klo sakit paling banter ke klinik terdekat, murah, deket, dan ga ribet. Kalo emang kata dokter ga parah-parah amat, resep dr dokternye pun kaga gw tebus, selama masih bisa make obat2an stok yg ada dirumah, yg penting surat keterangan sakit nya uda didapet :). Kebiasaan ini berubah semenjak gw berkeluarga. Gw semakin care dengan kesehatan, tapi bukan kesehatan gw pastinya, untu istri dan anak gw :)



Waktu itu, bini gw hamil 2 atau 3 bulan (gw lupa, yg jelas msh trimester pertama). Beberapa hari itu, bini gw mengalami batuk. Awalnya ringan, tapi berubah menjadi batuk kering yang cukup parah . Kambuhnya kalo malem. Bukan hanya ngebuat dia dan gw ga bisa tidur, tapi batuk tsb juga ngebuat dia dan janin kita yg ada di kandungannya merasa ga nyaman. Bayangin aje kalo batuk nye udah parah, perut ikut kenceng ketarik pas lagi batuk, dan bukan hanya sekali dua kali batuknya. Klo kondisi bini ga hamil, mungkin dia bakal gw kasih obat batuk umum yg dijual bebas dipasaran, tapi krena kondinya begini, gw sebagai anak farmasi jd mikir dua kali. Sempet nyari2 di buku ISO n searching di internet buat cari tau tentang obat yg aman buat ibu hamil, tapi ga dapet yg bener2 meyakinkan. Gw juga sempet konsultasi ke mas jarwo, kebetulan doi baru aja lulus apoteker dan bininya juga dlm kondisi hamil.

Bener apa yg gw duga, saran dr jarwo, berhati-hati mengkonsumsi obat ketika istri hamil di trimester pertama, krena kondisi ini paling rawan. Sarannya lg, minum jeruk nipis aja pake kecap n madu. Ga nunggu lama, gw pun langsung meracik ramuan tsb. Tapi, efek nya ga terlalu lama. Tengah malem, kondisinya kambuh lagi. Gw pun semakin kasian, ama bini gw, juga ama janin yg ada di perut bini gw. Keesokannya, gw putusin bawa bini gw ke dokter kandungan rumah sakit besar di daerah rumah, sekalian buat cek kandungan juga (walaupun secara rutin , gw n bini selalu cek kandungan di klinik dokter kandungan di deket rumah).

Setelah konsultasi, bini gw request untuk minta obat batuk yg bener2 aman buat dia n janinnya. Setelan nebus obat, gw liat obatnya, dan liat profil info obat, ternyata ga ada kontra indikasi buat ibu hamil (gw lupa nama obatnya). Tapi ada satu yg aneh, selain obat tsb, ada juga vitamin yg dikasih tuh dokter ke bini gw, (mungkin multivitamin untuk ibu hamil), padahal si dokter sempet nanya ke bini gw “vitamin nya masih ada dirumah?”, dan bini gw bilang “masih banyak dok”. Yang bikin bini gw bingung, harga nya itu 250 rebu, buat vitamin doang . Padahal klo gw cek kandungan di klnik kandungan langganan biasa, 125 rebu itu udh termasuk vitamin, USG, n konsultasi. ckckckkc. Gw ga ambil pusing, yang penting bini gw sembuh, dan janin nya nyaman n sehat. cuman itu yg ada di otak gw, ga terbesit sama sekali kenapa si doketer ngasih vitamin semahal itu.



Kasus yg diatas belum cukup menyadarkan gw tentang masalah yg skrang baru gw sadari. Selanjutnya, gw mengalami kasus ke dua . Jauh-jauh hari pas hamil, bini gw bilang klo nanti melahirkan mau di deket tempat tinggal ortunya, biar bisa lebih nyaman, n belajar ngurus bayi nantinya. Akhirnya kita putuskan di rumah sakit tertentu, sambil mencari info tarif nya juga tentunya, baik operasi maupun normal. The day nya pun tiba. sebelum check in, gw harus membayar biaya/tarif persalin normal terlebih dahulu, karena memang rencananya normal, dan dr rekomendasi doketer kandungan yg menangani bini gw juga ga ada problem di bayi dan ibunya. Alhamdulillah berjalan normal. sesuai rencana, Lahirlah Muhammad Rafan Aktmar El Muttaqien.,

Senang dan haru menyelimuti ketika melihat keajaiban ini., sampai ketika sorenya, suster perawat bilang ke gw klo hasil pemeriksaan lab menunjukan bahwa bayi gw menunjukan kadar leukosit yg sangat tinggi (bilirubin normal) ., dan dokter anak yg menangani gw merokemdasikan untuk memberikan terapi antibiotik ke anak gw. Salah satu kemungkinan penyebab nya katanya karena pecahnya air ketuban kandungan bini gw.

Rasa senang begrubah menjadi ketakukan klo terjadi apa2 ama anak gw, tanpa piker panjang, tanpa konsultasi dengan siapa pun, tanpa ba bi bu, gw pun menandatangani persetujuan untuk pindahin anak gw ke ruang NICU a.k.a ICU nya bayi . Paket persalinan normal yg gw ambil pun batal, karena ada tambahan penanganan buat anak gw n nambah hari perawatan. Sistem yg dipake skr adalah bill/tagihan berjalan. Krena ada tambahan terapi ini, mau ga mau anak gw kudu masuk ke ruang NICU. Di sana, bayi gw diterapi antibiotik untuk bakteri gram positif n negatif secara injeksi (gw lupa namanya), dan dibuat saluran khusus di punggung telapak tangannya, biar mempermudah penyuntikan.kasian bgt dah liatnye..ga tega.

Hampir semua suadara, kawan, dll yg datang menjenguk pun bertanya ke gw, “kenapa haus diterapi antibiotik?bukannya udah biasa ya kalo kadar leukosit bayi itu tinggi pas lahir?” Atau pengalaman dr beberapa temen yg bilang “anak gw juga dl leokositnya tinggi koq, tapi ga diterapi antibiotik, krena nolak pas disuruh terapi antibiotik”.

Bikin bingung sih, tapi yg bikin lebih bingung ngeliat tagihan biaya tiap harinya..hehhehehe, membengkak dr estimasi awal. Tp alhamdulllah, emang dasar rejeki si bayi...:) Kasus kedua cuma menyadarkan sedikit sisi keframasian gw, yg banyak menggunggah gw cuma istilah “komersialisasi”, itu yg sering diomongin temen2 gw setelah ngobrol tentang kondisi bayi gw..hehhehe.



Mari beranjak ke kasus berikutnya. Kini Rafan uda hampir 2 bulan. Suatu hari, bini gw ngeluh agak sdikit nyeri dipangkal tangannya, ngebuat dig a nyaman, terutama saat menyusui. Karena ada sedikit benjolan, tidak teralalu besar, ngebuat gw semakin panic. Keesokannya, gw nyuruh bini gw ke RS untu k periksa, gw ga bisa nemenin krena dokternya praktek sore hari. RS in sama dengan RS yg gw kunjungin waktu bini gw batuk. Gw nyuruh ke itu RS krena dr fasilitas cukup lengkap. Dokter bilang ini cuma bisul. Bini gw pun minta obat yg ama2 buat ibu menyusi. Berkali kali dia bilang ke dokternya tentang hal ini. Setalah pereksa, bini gw laporan via telepon.

Dia dikasih antibiotik oral (cefixime)+analgesik+vitamin. Semua nya habis 600 rebu an lebih. Mmmm, lumayan lah, tp gw nyoba nepis mslah biaya dr otak gw, yg penting ketakutan gw hilang, karena cuma bisul. Ga lama, bini gw nelp lagi, kondisi gw msh di jemputan pulang. Dia bilang , klo hasil googling dia untuk antibiotik cefixime tidak disarankan untuk diberikan untujk ibu menyusi, dan dia ga berani minum . Sesampenya di rumah, gw liat detail resep n kuitansinya, dan ternyata harga antibiotiknya ini hampir menyentuh angka 300 rebu untuk 8 kaplet nya. gilaaaa..padahal gw tau obat ini ada generiknya, dan harga nya 50 rebu an . .udah mahal, ga jelas pula..

gw cari detailnya lagi.ISO, Goodman N Gilman gw ubek2. Bahkan ampe ke situs produsen yg ngebuatnya nyantumin info produk ini,

dari segi indikasi, berikut gw copy in dr info produk via web produsennya:

Cefixime diindikasikan untuk pengobatan infeksi-infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme yang rentan antara lain:

1. Infeksi saluran kemih tanpa komplikasi yang disebabkan oleh Escherichia coli dan Proteus mirabilis.
2. Otitis media yang disebabkan oleh Haemophilus influenzae (strain β-laktamase positif dan negatif), Moraxella (Branhamella) catarrhalis (sebagian besar adalah beta-laktamase positif) dan Streptococcus pyogenes.
3. Faringitis dan tonsilitis yang disebabkan oleh Streptococcus pyogenes.
4. Bronkitis akut dan bronkitis kronis dengan eksaserbasi akut yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae (strain β-laktamase positif dan negatif).


Koq ga ada permaslahan infeksi kulit ya?kek bisul?

ah, mungkin, dokter nya punya pertiimbangan lain, makanya gw ga ambil pusing maslah indikasi obat..pengetahuan farmol gw juga uda nguap.



di bagian peringatan dan perhatian penggunaan obat :

* Penggunaan pada ibu menyusui

Belum diketahui apakah cefixime diekskresikan melalui air susu ibu. Sebaiknya tidak menyusui sementara waktu selama pengobatan dengan obat ini.

* Penggunaan pada bayi baru lahir atau bayi prematur:

Keamanan dan efektivitas penggunaan cefixime pada anak-anak dengan usia kurang dari 6 bulan belum dibuktikan (termasuk bayi baru lahir dan bayi prematur).



Dibeberapa sumber lain yg gw cari, yg paling melegakan cuma bilang kalo dalam kondisi menyusui harus dalam pengawsan dokter dalam penggunaan obat ini. Karena waktu konsultasi tadi bini gw uda minta obat yg aman buat ibu menyusui,dia pun langsung menghubungi pihak RS. mau sedikit kompalin/minta penjelasan. Krena dokternya uda beres praktek, jadinya telp dialihkan ke penanggung jwb apotek (mungkin apoteker). Bini gw bilang ke penanggung jwb apt,kalo tadi sore dia dikasih obat oleh dokter, yg setelah dia telusuri ternyata ga ada ada data keamanan yg jelas untuk ibu menyusui. Mau tau apa jawaban pihak penanggung jwb apotek tsb ?(sambil di loadspeaker bini gw) “loh emang udah ada gejala/keluhan yg terjadi ya Bu, koq uda mau ganti obatnya??” WTF....jawaban macam apa pula ini,,gw semakin ga yakin ini orang apoteker.

Bini gw msh berdebat terus, ni orang rada nyolot, dan bilang kalo percaya aja ama dokternya dan informasi yg didapat bini gw mungkin kurang valid (padahal bini gw bilang itu info dr web produsen obat tsb+buku2 kuliah suaminya yg orang farmasis..hehheheh). Karena ga ada kesimpulan yg jelas, gw ambil alih telp. dan bilang untuk coba hub dokter lagi dan sampaikan mslh ini..Akhirnya setelah berdiskusi dengan dokter tsb, obat yg bini gw dapet bisa di retur di apotik itu lagi besok.



Keesokan harinya gw balik ke RS tersebut, dan langsung menuju ke instalasi farmasi. Berharap bisa ketemu orang yg gw telpon kemaren, yg sempat mengatakan klo ketakuatan gw wajar seperti apa yg ditakuti orang awam lainnya...awam????

Ditas gw sudah ada beberapa dokumen yg sengaja gw print, sapa tau berguna klo si dokter ato apoteker itu ngajak debat. Tp semua berjalan lancer-lancar aja. Yg ngelayanin gw apoteker lain. Gw pun dikasih obat pengganti, setelah dia berkonsultasi dengan doker yg mereksa bini gw tentunya. Si dokter juga bilang, klo gw tetep ga mau ambil obat itu, terserah aja (bikin w mau ketawa)...Namanya obatnya calmoxilin. Setelah gw liat resepnya, lalu terjadilah diskusi ini;

gw: ini obat paten ato generik ya mba?

mba apoteker: ini paten mas

gw: klo ada generiknya, ganti aja deh mba ama generiknya .!

mba apoteker: generik?? (bingung kyak abis liat setan)

gw: iya, generiknya aja.

mba apoteker: ada mas, amoxicillin.

gw: iya boleh.itu aja..(mungkin di RS itu ga pernah ada yg dikasih obat generik kali ya (dalam hati gw))



Uang 300 rebu gw pun dikembalikan untuk cefixime yg gw kembalikan, dan gw diharuskan untuk bayar 5100 rupiah untuk amoxicillin yg gw ambil ..

seperti apa yg gw bilang sebelumnya,“kalo ada obat paten, kenapa arus generik”.....

dan kini gw pun semakin menghargai apa yg udah gw dapet di bangku kuliah.

semoga buat semua mengangap hal ini sebagai masalah bisa paham..sory klo ada yg kurang berkenan.

9 komentar:

  1. Seringkali ketakutan ayau perasaan bersalah mengalahkan rasionalitas.

    Sekitar seminggu lalu anak 2 tahun saya sedikit batuk, badan agak hangat, yang bikin khawatir nafasnya saya perhatikan di suatu pagi agak sesak. Saya bawa ke dokter dikasih obat pengecer dahak berbentuk puyer (saya lupa campurannya tapi disitu ada bisolvon) dan ... cefixime.

    Saya ingat ini antibiotik, kenapa langsung dikasih antibiotik? tapi karena perasaan diatas tadi, abis periksa langsung ditebus obatnya.

    Sampai rumah saya mikir2, kenapa rasionalitas saya hilang tadi, yah?
    saya ga minumkan obat-obatan yg dibeli, besoknya anak saya udah baik :-)

    BalasHapus
  2. Lebay banget. Klo gak percaya dokter gak usah berobat ke dokter. Berobat aja ke dukun

    BalasHapus
  3. hahahahaha itu lah knp gw lbih sneng ktmu pasien yg klo bego, bego bget klo pinter mending yg pinter bget, drpd yg tau ny cm stgah2 doang kyk bgni, intiny mslah duit aja klo gw liat, spesialis kagak ad lah obtny yg murah, gmn sih.

    BalasHapus
  4. Cefixime sering digunakan sebagai pengganti anti biotik buat yg bakteri nya resisten terhadap amoxycillin , sebetulnya kalau masih bisa, pakai amoxycillin saja

    BalasHapus
  5. Cefixime sering digunakan sebagai pengganti anti biotik buat yg bakteri nya resisten terhadap amoxycillin , sebetulnya kalau masih bisa, pakai amoxycillin saja

    BalasHapus
  6. Lu curhat gak jelas, judul aja cefixsim vs amo tapi lu curhat, pdahal itu cuma beda harga aja

    BalasHapus
  7. masnya kuliahnya gimana?
    hehehe.. coba pahamin lagi deh tebtang antibiotik..
    mulai dri golongan, spektrumnya, dll..

    jangan cepat menyalahkan..
    dan jangan belajar setengah-setengah..

    salam sejawat~

    BalasHapus
  8. ngapain berobat ke dokter kalau lo.. pinter. ini orng sok banget..

    BalasHapus
  9. Gw cocok nya ceficime..
    Gak tahu kenapa ya...
    Ada yang bisa jelaskan bedanya

    BalasHapus