Minggu, 15 Mei 2011

Teknologi Farmasi untuk Menurunkan Penyalahgunaan Obat

Ini untuk amerika, tapi bisa jadi inspirasi kita-kita di Indonesia

T : Apa nih yang mau dibahas secara spesifik?


J : Obat ini : Oxycontin (http://en.wikipedia.org/wiki/Oxycodone), golongan opioid yang digunakan untuk (tentu saja semua tahu) menghilangkan rasa sakit.

T : Karena narkotik, pasti disalah gunakan, kan?

J : Jelas sekali, tuh di Amerika susah banget memeranginya, lihat saja di sini :(http://pharmacymike.blogspot.com/2011/04/this-is-why-pharmacists-are-suspicious.html). Orang-orang disana pada pusing karena penyalahgunaannya melalui jalur yang legal. Banyak banget dokter-dokter yang meresepkan Oxycontin ini, dengan sangat bebas.

T : Terus apa yang dilakukan orang-orang farmasi?

J : Pertama-tama, tentu saja menghubungi dokter untuk menanyakan resep-resep yang ga masuk akal. Tapi, disana biasanya begini : Apoteker selalu diterima perawat yang akan selalu mengatakan bahwa resepnya benar, dokternya tak pernah mengangkat teleponnya sendiri. Inilah susahnya, kalau para "pabrik-pabrik" NAPZA bisa dijerat dengan tuduhan melanggar hukum, kalau orangnya memperolehnya secara sah dengan resep dokter, kan pada pusing.

T : Wah, kemudian apa yang dilakukan dengan teknologi farmasi terhadap OxyContin itu?


J : Pabrik farmasinya mengubah formulanya, mereka kini menyertakan polimer baru, sehingga bila dihancurkan, tidak bisa jadi bubuk, karenanya, penyalahguna takkan bisa menghirupnya.

Setiap pecahan tetap mengandung sifat lepas-lambat, jadi bilapun ditelan banyak-banyak, efek narkotiknya ga bakalan sampai yang terasa.

Kemudian, polimer ini akan membuat setiap bagian dari obat yang bersentuhan dengan air menjadi gel, yang sangat kental sehingga ga bisa diinjeksikan ke pembuluh darah, karena pasti nyumbat.

Bila dilihat, ada cetakan OP di tablet Oxycontin yang baru, sedangkan di tablet yang lama tercetak OC

Memang masih ada kelemahan yang bisa dimanfaatkan para penyalahguna, tapi setidaknya, ada tembok yang harus dilewati dulu

T : Emang formulanya apa sih? teknologi yang dipakai apa?


J : Wah itu rahasia perusahaan, tapi bisa dilihat dari beberapa situs, mereka memakai matriks polimer ganda, yang akan tetap melingkupi zat aktif meski dihancurkan.

Dari perusahaannya sendiri ada ini : http://www.purduepharma.com/pi/prescription/oxycontin.pdf
disitu ada formulanya kok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar