Jumat, 06 Mei 2011

Frances Oldham Kelsey

Kali ini coba bicara mengenai sedikit sejarah farmasi, tetap dalam bentuk Q-A

Q : Siapa sih Frances Oldham Kesley?

A : lahir 24 Juli 1914 di Kanada, seorang farmakologis, terkenal sebagai reviewer FDA yang menolak Thalidomide dipasarkan karena dia memperhatikan keamanan obat

Q : Kok itu penting sih?

A : Soalnya waktu itu, adalah waktu dimana sediaan farmasi tengah kacau. Kau ga harus membuktikan obatmu punya efek ataupun aman untuk dipasarkan. bahkan dosis pun dibikin semaunya sendiri, Kejadian itu tonggak penting untuk sediaan farmasi yang lebih bermutu, aman dan berefek

Q : Gimana sih kejadiannya?

A : Dr. Kesley bergabung di FDA pada 1960 sebagai sekelompok ilmuwan yang berjuang agar obat menunjukkan bukti jelas atas keefektifannya untuk disetujui. disana cuma ada 11 pereview obat waktu itu.

waktu itu, Richardson Merrell mengirimkan aplikasi agar thalidomide bisa dipasarkan di AS, dengan nama dagang Kevadon, obat yang sudah dipasarkan secara luas di eropa dan Kanada untuk "morning Sickness" ibu hamil.

Meski sudah disetujui dimana-mana, Kesley bertahan, dan menginginkan ada studi yang lebih jauh mengenai keamanan obat ini. Padahal sudah ada tekanan yang luar biasa besar dari perusahaan farmasi, apalagi pemasarannya sudah luas.

Namun berita dari Eropa menunjukkan langkahnya benar, penelitian-penelitian menunjukkan Thalidomide dapat menembus barrier plasenta dan berefek teratogenik bagi bayi. Kesley berhasil mencegah kejadian lahirnya bayi cacat di AS

Q : Apalagi yang unik dari Kesley ini?

A : Meski seorang wanita, orang tuanya mengirimkannya ke sekolah swasta untuk laki-laki karena disanalah dia bisa dapat pendidikan yang baik.

Ada juga kejadian dimana dia dikira lelaki oleh Dr. Geiling, profesor yang akan mempekerjakannya di bidang farmakologi. Kesley lalu bertanya pada mentornya apakah dia harus mengambil pekerjaan itu atau tidak.

"Jangan jadi bodoh." katanya, "Terima pekerjaan itu, tulis namamu dan letakkan (nona) setelahnya."

jadi Kesley menerima pekerjaan itu tanpa mengklarifikasi bahwa dia seorang perempuan terlebih dahulu

Bersama Dr. Geilinglah dia mememcahkan kasus keracunan Elixir Sulfanilamida, yang ternyata disebabkan penggunaan dietilen glikol sebagai pelarut. Kerjanya bersama Geiling mendapat kredit di bidang teratogenik.


Jadi, untuk para farmasis/apoteker atau appaun namanya, ingat bahwa kita memastikan keamanan dan efektivitas obat untuk pasien.


dari :

http://en.wikipedia.org/wiki/Frances_Oldham_Kelsey
http://www.jimplagakis.com/?s=thalidomide&x=0&y=0
















-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar