Minggu, 15 Mei 2011

Serba-serbi Dosen (1)

T : Lho, Kok, nyeritain soal dosen masih pakai tanya jawab gini?

J : Iyalah, jadi kepingin beda aja, cuma itu, ga ada maksud lain

T : Apa yang kepingin diceritain sekarang? Terus apa pentingnya?

J : Soal dosen tentu saja, ya tentang apa yang dibicarain di kelas, ceritanya, kerjaannya. Itu bisa ngelepas stress, terus bikin mata kita terbuka, bahwa farmasi itu luas, ga sesempit obat-obatan aja.

T : Misalnya gimana?

J : Nih, Waktu itu, pernah ada dosen mesin yang datang ke prof. Asep Gana Suganda untuk konsultasi soal mesin rusak.

T : Hah!!! apa hubungannya farmasi ama mesin?

J : Ceritanya gini, Waktu itu ada seorang pengusaha yang ngeluh Truknya rusak mulu ketika dipakai ama pekerja-pekerjanya. Dosen mesin yang meriksa mesinnya pas itu curiga dengan bensinnya, soalnya udah utak atik mesinnya, biasa aja, tapi pas diperiksa, ga ada apa-apa tuh bensinnya. Karena bingung, minta bantuan pak Asep

T : Lha, kok malah minta bantuan ke farmasi? Kalau soal bensin, mengapa ga ke kimia aja?

J : Saya juga heran.

T : Hasilnya gimana?

J : Ya, karena sampelnya bensin, ya udah dianalisis pakai kromatografi gas, GC, tapi hasil analisisnya sama aja dengan bensin biasa. kan bingung jadinya.

T : Lho, terus bisa mecahin masalahnya bagaimana?

J : Pakai cara sederhana lho, Pak Asep akhirnya menuangkan sampel ke satu cawan penguap, dan bensin asli ke satu cawan penguap lagi, kemudian dibiarkan semalam. Hasilnya, yang bensin asli habis menguap, tapi yang bensin dari dosen mesin menyisakan hitam-hitam, dan ternyata itu oli.

T : jadi ternyata bensinnya dicampur oli ya?

J : Iya, dan itu ga kedeteksi ama GC

T : Apa pelajaran yang bisa didapat?

J : Pertama-tama, tentu saja bahwa farmasi itu belajar banyak hal, dan adabanyak hal yang bisa dilakukan ama farmasi, ga terbatas ama obat saja. kita-kita nguasain banyak jenis kromatografi kan? Yang kedua, ternyata cara berpikir dan bekerja yang sederhana, yang di luar kebiasaan bisa juga memecahkan masalah. GC ga bisa, ternyata didiamkan bisa. itu aja sih, klo ada yang lain, silahkan aja tambahin sendiri.

-Dari Kuliah Apoteker ITB, ceritanya dengar dari pak Asep sendiri ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar